Senin, 28 Februari 2011

kekurangan dan kelebihan sistem informasi pada sumber daya manusia

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
Saat ini, perkembangan teknologi di Indonesia semakin berkembang. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin banyak manusia yang menggunakan teknologi guna membantu kegiatan sehari-hari. Teknologi tersebut digunakan sekaligus untuk meningkatkan kualitas masing-masing individu dalam menghadapi perkembangan teknologi. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari penggunaan alat telekomunikasi hingga kebutuhan rumah tangga.
Teknologi Informasi (TI) atau Information Technology (IT) merupakan bagian dari mata rantai panjang dalam penggunaan istilah dalam dunia Sistem Informasi (SI) atau Information System (IS). Teknologi Informasi merupakan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan dan mengolah informasi serta merupakan teknologi yang mudah dipahami oleh masyarakat yang memanfaatkannya. Penggunaan teknologi oleh masyarakat dilakukan guna mengoptimalkan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Optimalisasi waktu dan biaya merupakan pertimbangan dalam pengambilan keputusan seseorang untuk menggunakan teknologi. Beberapa contoh teknologi informasi yang biasa digunakan oleh masyarakat adalah internet, intranet, e-banking, e-commerce, dan e-business. Contoh tersebut biasa digunakan untuk mendukung kegiatan mereka sehari-hari baik untuk mencari informasi hingga melakukan transaksi. Internet dan teknologi dengan didukung oleh aplikasinya mampu mengubah cara bisnis yang dijalankan oleh para pengusaha serta mendukung dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Banyak usaha-usaha saat ini yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi internet karena dapat mempermudah kegiatan bisnis dan mengurangi hambatan dalam kegiatan bisnis. Internet dan teknologi serta aplikasi yang terdapat pada internet mampu mengubah cara bisnis serta cara orang bekerja. Sistem informasi yang diberikan oleh teknomogi informasi dapat mendukung proses pembentukan keunggulan kompetitif. Banyak kegiatan bisnis saat ini yang mendukung kegiatan bisnis mereka dengan fasilitas web serta menciptakan aplikasi e-business yang inovatif.
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.
Penerapan Teknologi Informasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.
Internet dan teknologi serta aplikasi terkait lainnya telah mengubah cara bisnis dijalankan dan cara orang bekerja, serta bagaimana sistem informasi mendukung proses pengambilan keputusan bisnis, dan dalam pembentukan keunggulan kompetitif. Banyak bisnis saat ini menggunakan teknologi internet untuk proses bisnis yang dimungkinkan melalui web serta menciptakan aplikasi e-business yang inovatif.
Pendefinisian aplikasi e-business dalam suatu perusahaan memiliki peranan penting dalam pemberdayaan proses bisnis, seperti internet dan jaringan di dalam perusahaan (intranet), dan antara perusahaan dengan mitra dagangnya (ekstranet) telah menjadi infrastruktur teknologi informasi utama yang mendukung aplikasi e-business.
Sistem kerjasama perusahaan melibatkan penggunaan alat-alat software untuk mendukung komunikasi, koordinasi, dan kerjasama antar anggota tim dan kelompok kerja yang membentuk jaringan. Bisnis dapat dapat menggunakan intranet, internet, ekstranet, dan jaringan lainnya untuk mengimplementasikan sistem semacam ini.
Terdapat tiga alasan mendasar unuk semua aplikasi bisnis dalam teknologi informasi. Mereka dapat ditemukan dalam dalam tiga peran penting yang dapat dilakukan sistem informasi untuk sebuah perusahaan bisnis.
  • Mendukung proses dan operasi bisnis.
  • Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya.
  • Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif.

Didalam beberapa tahun terakhir ini, peranan sistem informasi dalam perusahaan menjadi semakin penting. Jika pada tahun-tahun sebelumnya peranan sistem informasi bagi perusahaan hanyalah sebagai “back office processing” dengan titik berat pada efisiensi dari berbagai fungsi perusahaan, maka pada beberapa tahun terakhir ini peranannya telah berubah menjadi semacam “Strategic Weapon” yang digunakan perusahaan untuk memenangkan persaingan. Oleh karena itu diperlukan suatu perencanaan strategi untuk melakukan pemilihan sistem dan teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.
Diperlukan suatu kejelian dalam penyusunan perencanaan strategis di tingkat manajemen puncak sebagai persyaratan mutlak dalam menyusun pedoman pengembangan sistem informasi perusahaan yang terintegrasi dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan.
Secara umum dapat diidentifikasikan beberapa permasalahan pokok dalam pengembangan sistem informasi pada perusahaan, yaitu:
  • Peranan Sistem Informasi bagi manajemen
  • Peranan Sistem Informasi bagi kegiatan operasional perusahaan.
  • Infrastruktur jaringan komunikasi data.
  • Infrastruktur Manajemen data.
  • Organisasi dan sumber daya manusia di bidang sistem & teknologi informasi.
  • Infrastruktur Teknologi Informasi
  • Sistem Informasi
  • Manajemen Sumber Daya Informasi.
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM/HRIS) merupakan sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktifitas-aktifitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP). SISDM  dapat dikatakan sebagai bentuk implementasi  atau terapan ilmu manajamen  yang secara empiris  meliputi kegiatan praktis planning ,organizing,actualing dan controlling.
Secara keseluruhan sistem ERP bertujuan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dari aplikasi-aplikasi yang berbeda ke dalam satu sistem basisdata yang bersifat universal. Kelebihan system informasi sumber daya manusia salah satunya adalah wawancara atau interview pekerjaan yang menggunakan fasilitas internet. Kelebihan wawancara atau interview menggunakan internet adalah sebagai berikut :
1.      Praktis, tidak perlu bertatap muka secara langsung. Cukup dengan membuat janji dam bertatapan di depan komputer yang memiliki jaringan internet, webcam dan software yang mendukung-nya (misalkan: Yahoo messenger dengan feature video call-nya).
2.      Hemat waktu dan biaya bagi penyelenggara interview dan subjek yang ingin interview.
Adapun kekurangan wawancara atau interview menggunakan internet adalah sebagai berikut :
1.      Tidak etis, karena bisa saja orang yang di interview menggunakan kemeja dan jas, tetapi menggunakan celana pendek karena hanya bertatapan muka, tidak seluruh badan.
2.      Bergantung pada koneksi internet, apabila koneksi internet nya tidak cukup kuat, kegiatan interview bisa terhambat.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar